Tuesday, August 26, 2014

Cara Efektif Melaporkan Masalah Pekerjaan

Ketika kita masih bayi, kita pasti masih disuapi makanan oleh ibu kita, sedangkan saat dewasa tentu saja kita sudah mandiri. Tidak perlu lagi disuapi makanan oleh ibu kita. Sama hal nya di dunia kerja dan karir, saat jadi anak baru atau fresh graduate yang masuk dunia kerja, mungkin kita masih sering minta bantuan senior atau atasan kita. namun seiring berjalannya waktu kita harus kebih mandiri dalam bekerja.
Salah satu contoh kemandirian dalam bekerja adalah bagaimana cara kita mengatasi permasalahan yang kita hadapi dalam pekerjaan. Bila ada masalah kita bisa menyelesaikannya tanpa harus selalu dibantu senior atau atasan kita.

Lalu bagaimana caranya melaporkan bila ada permasalahan? Maka datanglah ke atasan kita sekaligus dengan beberapa alternatif solusi atau penyelesaiaannya. Jadi sebelum menghadap kita juga sudah memikirkan bagaimana caranya menyelesaikan permasalahan ini. Yang dibahasa hanya tinggal solusi mana yang paling baik dan apa saja konsekuensi dari setiap solusi yang dipilih. Kita minta secara baik saran dari atasan. Seandainya atasan kita tidak memakai solusi dari kita dan malah memakai solusinya sendiri, yakinlah ia pun akan tetap menghargai kita dan solusi alternatif yang kita ajukan.

Hal ini akan memberikan banyak maanfaat untuk kita dan perusahaan.
  1. Kita menjadi terlatih menghadapi masalah dan mengatasinya
  2. Daya pikir kita dan kemampuan bekerja juga berkembang karena ikut memikirkan solusi
  3. Atasan dijamin akan senang dengan kinerja kita, beban kerja atasan bisa menjadi berkurang dengan adanya kita sebagai "problem solver"
Jadi biasakanlah mandiri dalam menyelesaikan masalah. Jangan lagi pernah masuk ke ruangan atasan kita dan berkata "Pak ini ada masalah, bagaimana cara mengatasinya?" Terus belajar membuat solusi dengan mengatakan "Pak saya mau diskusikan dan meminta saran untuk beberapa solusi dari masalah yang kami hadapi"



No comments:

Post a Comment